Kegiatan serap aspirasi masyarakat yang dilaksanakan Anggota DPR RI Tina Nur Alam, di Kecamatan Lalembuu, Konawe Selatan, Kamis (25/1).

ANDOOLO (SULTRAAKTUAL.COM) – Anggota MPR/DPR RI Tina Nur Alam menggelar kegiatan serap aspirasi masyarakat dengan tema Hubungan Pusat dan Daerah, di Kecamatan Lalembuu, Konawe Selatan, Kamis (25/1).

Dalam kegiatan tersebut, legislator NasDem itu mengajak masyarakat untuk mendukung berbagai program pemerintah pusat dan daerah. Sebab, menurut dia, masyarakat sebagai obyek pembangunan memiliki peran besar suksesnya penyelenggaraan pemerintahan.

“Hubungan pusat dan daerah dimaksud termasuk dari sisi pembiayaan program pembangunan. Sehingga program pembangunan yang dilaksanakan daerah harus bisa mendapat support masyarakat,” katanya.

Dikatakan, pemerintah pusat dan daerah memiliki hubungan secara struktural dan fungsional sesuai dengan kewenangan masing-masing dan pedoman asas desentralisasi serta otonomi daerah.

Khusus untuk hubungan fungsional pemerintah pusat dan daerah, hubungan ini menciptakan sebuah kewenangan yang saling melengkapi satu sama lain.

Secara fungsional maka hubungan ini menyangkut pembagian tugas dan wewenang yang harus dijalankan oleh pemerintah pusat dan daerah dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan yang baik.

“Harus dipahami bahwa komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah merupakan hal yang penting karena akan berdampak pada kelancaran pelaksanaan program-program di tingkat pusat dan daerah,” jelasnya.

Menurutnya, jika komunikasi antara keduanya tidak berjalan dengan baik, maka dapat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan program masing-masing.

Hubungan fungsional pemerintah pusat dan daerah ini diatur dalam UU 23/2014. Menurut aturan tersebut, pembagian urusan pemerintahan didasari pada pemikiran bahwa selalu terdapat berbagai urusan pemerintah yang sepenuhnya tetap menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Kegiatan serap aspirasi itu menghadirkan narasumber dari Universitas Halu Oleo Kendari. (SAC)