Penjabat (Pj) Wali Kota Asmawa Tosepu meresmikan gedung intalasi rawat jalan (IRJA) Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Kendari Jumat, 17 Februari 2023.

KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kota Kendari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Penjabat (Pj) Wali Kota Asmawa Tosepu meresmikan gedung intalasi rawat jalan (IRJA) Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Kendari Jumat, 17 Februari 2023.

Gedung tersebut dibangun kurang lebih 3 bulan dengan menggunakan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Kota Kendari sekiranya kurang lebih Rp15 miliar.

Asmawa Tosepu mengatakan dengan difungsikan gedung instalasi rawat jalan ini sebagai bentuk dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat Kota Kendari maupun secara umum di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bahkan menurutnya dengan hadirnya gedung tersebut akan semakin menjadi motivasi, dan semangat kerja bagi tenaga medis atau tenaga kesehatan di RSUD Kota Kendari.

“Pemerintah kota Kendari terus berusaha untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Salah satunya mendorong peningkatan status RSUD Kota Kendari dari sekarang tipe B, mudah-mudahan bisa menjadi tipe A,” kata Asmawa.

Paling tidak kata Asmawa, terdapat peluang bagi RSUD Kota Kendari untuk mengambil peran sebagai rumah sakit pendidikan di Sulawesi Tenggara.

“Karena kita ketahui sendiri di Universitas Halu Oleo (UHO) sudah memiliki fakultas kedokteran tapi belum ada rumah sakit pendidikan. Kemudian UMK juga sudah akan mendirikan fakultas kedokteran, sehingga saya mendorong terus untuk mempercepat RSUD menjadi rumah sakit pendidikan menuju rumah sakit tipe A,” ucapnya.

Tak hanya itu, Pria yang menjabat sebagai kepala biro umum kementerian dalam negeri (Kemendagri) ini juga bilang, langkah-langkah strategis yang akan dilakukan Pemkot Kendari adalah dengan memberikan kesempatan dan bantuan dana pendidikan melalui beasiswa kepada dokter-dokter yang ada di Kota Kendari untuk mengambil spesialisasi atau dokter ahli.

“Jadi mereka ini lah yang akan menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan di RSUD di Kota Kendari,” pungkas orang nomor satu di Kota Kendari ini.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman mengatakan fasilitas di gedung instalasi rawat jalan tersebut memiliki 18 ruangan poliklinik dokter spesialis.

Termasuk peralatan untuk menunjang kinerja para dokter telah disediakan.

“Allhamdulillah, termasuk nanti penanganan CT scan kita sudah siapkan juga. Sementara dalam perjalanan,” pungkasnya. (SAC)

Reporter: Rikal Kisman