KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Anggota Komisi X DPR RI Hj Tina Nur Alam, menggelar reses di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, dan Konawe, sejak Minggu-Selasa (27/2-1/3).

Dalam rangkaian resesnya, Tina bertemu dengan sejumlah tokoh di Kolaka, selanjutnya melakukan dialog dengan tenaga pendidik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK) di Kolaka Timur dan Konawe.

Pada kesempatan itu, Tina menyerahkan bantuan berupa alat peraga edukatif (APE) pada TK Pulesako Simbune, TK Meohai Woiha, dan TK Putra Irigasi Tuoy. Bantuan tersebut merupakan aspirasinya pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dia berharap bantuan tersebut akan memudahkan tenaga pendidik dalam memenuhi standar kurikulum pendidikan TK.

Secara keseluruhan ada 25 paket APE yang disalurkan. Setiap paket berisi bermacam-macam tema permainan. Seperti bertema pendidikan karakter, budi pekerti, keagamaan, dan saintifik.

“Beberapa hal yang harus menjadi perhatian penting adalah ketersediaan sarana dan prasarana PAUD. Utamanya sarana bermain dan edukatif, sebab pendidikan tingkat PAUD ataupun TK sangat menekankan penguasaan psikomotorik anak,” ungkapnya.

Wakil rakyat Sultra perempuan satu-satunya di Senayan itu juga mengapresiasi langkah pemerintah dalam menggenjot hadirnya satu PAUD/TK tiap desa/kelurahan di Sultra.

Bagi mantan Ketua TP PKK Sultra tersebut, kualitas pendidikan anak usia dini sangat penting sebab kognitif dan motorik anak benar-benar harus dipersiapkan sebelum masuk ke tingkat lebih tinggi yakni sekolah dasar. (RED/SAC)