Anggota MPR/DPR RI Hj Tina Nur Alam aaat melakukan sosialisasi empat pilar MPR dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pada siswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua siswa SMAN 12 Kendari.

KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Anggota MPR/DPR RI Hj Tina Nur Alam melakukan sosialisasi empat pilar MPR dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pada siswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua siswa SMAN 12 Kendari.

Poin-poin penting yang disampaikan adalah nilai yang terkandung dalam Pancasila, peran UUD 1945 dalam mengatur kehidupan berbangsa masyarakat, pentingnya kekuatan nasionalisme untuk keutuhan NKRI, serta menghargai perbedaan dalam konsep Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sosialisasi itu, TNA menekankan kepada pihak sekolah agar menyiapkan lulusan yang beritegritas. Nilai ini adalah yang sangat penting dari nilai-nilai empat pilar MPR untuk menghasilkan siswa yang memiliki individu humanis, empati tinggi, menghargai sesama, dan berakhlak, jujur, serta disiplin.

Menurutnya, kurikulum yang dicanangkan pemerintah sudah mengarah kepada upaya pembentukan karakter siswa, khususnya karakter pancasila.

“Sehingga sekolah harus menyambut ini dalam bentuk implementasi di dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter sebisa mungkin teritegrasi dengan semua mata pelajaran,” ungkap anggota Komisi X DPR RI itu, usai sosialisasi Minggu (25/6).

Kata TNA, budaya saling menghormati, memiliki kepedulian, serta empati tinggi trennya cenderung menurun. Buktinya, cukup banyak kasus penganiayaan ataupun perundungan sesama siswa atau sesama remaja di berbagai media.

“Inilah yang harus selalu kita jaga bersama. Sekolah menjadi pintu paling utama setelah keluarga di rumah untuk membentuk siswa yang bermoral,” katanya.

Tina Nur Alam menjelaskan, MPR saat ini terus memaksimalkan sosialisasi empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepada seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan, sosialisasi ini akan kembali menambah wawasan masyarakat mengenai tatanan bernegara dan bermasyarakat sehingga terus tumbuh harmonisasi dan kedamaian di negara ini. (SAC)