KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Dalam rangka penanganan inflasi daerah Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyerahkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bagi pelaku sektor transportasi angkutan umum dalam hal ini angkutan kota (angkot), di pelataran kantor dinas perhubungan Kota Kendari (Terminal Baruga).

Pj Wali Kota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, asisten II dan Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Selasa, 28 Maret 2023.

Asmawa Tosepu mengatakan, Pemkot Kendari memberikan subsidi BBM kepada pelaku sektor transportasi umum sebagai bentuk upaya pengendalian inflasi daerah di Kota Kendari.

“Kita tau sendiri bahwa salah satu sektor yang mempengaruhi inflasi adalah sektor angkutan dalam hal ini selain angkutan udara dan laut termasuk angkutan darat juga,” kata Asmawa.

Asmawa bilang, melalui dana Belanja Tak Terduga (BTT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari dikeluarkan untuk memberikan subsidi kepada para pelaku angkutan umum di Kota Kendari.

“Harapan nya mereka bisa memberlakukan tarif angkutan darat sesuai dengan Perwali Nomor 1056 tahun 2022 karena yang ditemui di lapangan adalah kadang kadang menaikan tarif diatas tarif yang sudah ditetapkan oleh Perwali kita,” jelas Asmawa.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Kendari La Ode Abdul Manas Shalihin menuturkan, para pelaku angkutan umum diberikan 100 liter/ mobil sehingga jika ditotalkan 1.000.000/mobil.

“Yang mendapatkan bantuan itu telah melalui verivikasi kita temukan hanya 44 yang memenuhi syarat salah satu syarat yang harus di penuhi itu adalah izin trayek yang hidup dan juga harus lolos dari uji layak jalan, identitas pemilik yang jelas dan lain lain,” ungkap Manas.

Mantan Kabag SDA Kota Kendari ini juga bilang, beberapa tahun terkahir angkutan Kota di Kendari cukup lesuh sebagian besar dari angkutan yang beroperasi itu tinggal kurang lebih setengah yang masih layak operasional.

“Hal ini merupakan wujud perhatian pemerintah ditengah inflasi yang terjadi sehingga pemerintah memberikan subsidi BBM kepada para pelaku angkutan umum di Kota Kendari makanya kita himbau agar teman teman supir ini bisa mentaati tarif sesuai dengan Perwali kita,” tutup Manas. (SAC)

Reporter: Rikal Kisman