ANDOOLO (SULTRAAKTUAL.COM) – 86 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diminta untuk menginventarisasi Aset-aset yang ada di desa. Hal itu dikatakan Bupati Surunuddin Dangga, guna menjaga serta memelihara fasilitas desa yang dibeli mengunanakan Dana Desa (DD).

Olehnya itu, bupati dua periode ini bakal memerintahkan camat untuk memfasilitasi Kepala Desa (Kades) terpilih dalam melakukan serahterima jabatan (Sertijab).

” Agar ada batasan mengenai aset desa, saya minta para camat menfasilitasi kades dalam Sertijab,” kata Surunuddin saat ditemui diruang kerjanya.

Surunuddin mengaku jika nanti ditemukan ketidak sesuaian aset, maka ia, menegaskan akan memberikan sanksi kepada oknum yang dimaksud.

” Ya tentunya kalau pelanggaran saya akan perintakan instansi berwenang untuk memeriksa. Apalagi sekarang kita sudah MoU dengan Pihak kejaksaan. Ada kades yang bandel tinggal kita surati kejalsaan untuk menindak,” tegas Surunuddin.

Kepada kades terpilih, Surunuddin meminta untuk mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing, serta berinovasi dalam mengembang desa.

“Jangan hanya mengharap anggaran DD, Desa itu dituntut untuk berinovasi bagaimana menghasilakan PAD melalui pengembangan potensi desa yang ada,” pintah Surunuddin. (RLS)