ANDOOLO (SULTRAAKTUAL.COM) – Kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Konsel menjadi perhatian pimpinan daerah. Terbukti dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si melakukan inspeksi dadakan pada sejumlah bagian lingkup sekretariat daerah.

Sjarif menemukan tingkat kehadiran Aparat Sipil Negara (ASN) masih kurang dan perlu tingkatkan. 

Kata dia, secara umum perlu ada beberapa bagian yang perlu meningkatkan kedisiplinan dan kehadiran aparaturnya. 

“Ini merupakan suatu evaluasi secara spontan. Begitu juga dinas-dinas kita akan lihat utamanya bagian pelayanan,” ujar Sjarif.

Sjarif mengatakan kedisiplinan ASN sangat penting terlebih saat ini pemerintah daerah mendorongnya dengan memberikan apresiasi dengan adanya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Disiplin ASN sangat penting  dengan rencana pemerintah daerah memberikan apresiasi TPP. 

“Bagaimana kita mendorong meningkatkan kedisiplinan. Begitu juga dengan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat,” tutur Sjarif.

Selain menemukan tingkat kehadiran ASN yang masih perlu ditingkatkan Jenderal ASN Konsel ini menemukan sejumlah ruangan yang tidak tertata rapi.

“Bukan saja disiplinnya, namun memperhatikan penataan ruangan kerja yang baik dan bersih. Apalagi bangunan kita bagus. Kita sayangkan kalau tidak ada kepedulian untuk menjaga dengan adanya sampah-sampah berserakan, adanya sarang laba-laba tentu jangan memberikan pelayanan, kita bekerja saja kan tidak nyaman,” ungkapnya.

Dia mengatakan hasil sidak sebagai bahan evaluasi dan akan disampaikan ke pimpinan daerah dalam  hal ini Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM menyangkut tingkat kehadiran ASN ini.

Sjarif menekankan ASN yang tidak disiplin maupun tidak peduli akan kondisi kantornya tempat bekerja akan diberikan evaluasi yang akan disampaikan kepada pimpinan.

“Sanksi disiplin bisa saja teguran lisan, tertulis, penudaan kenaikan pangkat, penundaan gaji sampai pada pemecatan,” tegasnya. (sac/red)