Pj Wali Kota saat melaksanakan kerja bakti.

KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus bergerak dalam melakukan penataan dan pembenahan di seluruh wilayah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Terbaru, Pemkot Kendari kembali menata kawasan kali Kadia dengan melakukan kerja bakti, bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar kali Kadia, Jumat, 28 Juli 2023.

Kerja bakti tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari H. Asmawa Tosepu, AP., M.Si. didampingi oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari Amir Hasan, STP, SH, M.Si. Asisten III Setda Kota Kendari Makmur, S.Pd., M.Pd. Kepala Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Hj. Erlis Sadya Kencana, ST.,MT.

Pj Wali Kota Kendari bersama Asisten I dan Asisten III

Pj Wali Kota Kendari H. Asmawa Tosepu menyampaikan, kawasan Kali Kadia ini akan dibangun sebagai ruang terbuka hijau. Kawasan ini didesain agar bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat Kota Kendari secara khusus dan masyarakat secara umum.

“Ini adalah harapan kita, sekali lagi kami mohon dukungan kepada semua stakeholder, semua masyarakat Kota Kendari. Untuk penataan kawasan, sebagaimana Kota Kendari memiliki kawasan yang bisa menjadi icon baru dalam rangka penataan dan pengembangan Kota Kendari,” kata Orang nomor satu di Kota Kendari ini.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Kasman Marewa menuturkan, kegiatan bersih-bersih kawasan kali Kadia ini akan terus dilakukan.

Sejak pukul 06.00 pagi mereka sudah langsung turun bersama sejumlah petugas kebersihan serta tim DLHK dengan mencuci area joging track dari sisa lumpur yang menempel. Tak ketinggalan tim OPD juga ikut membantu pembersihan kawasan Kali Kadia di beberapa titik sesuai lokasinya masing-masing.

“Kami sudah seminggu ini melaksanakan aksi bersih-bersih kawasan Kali Kadia, utamanya kalinya, agar bersih dari sampah yang mengapung atau terbawa air,” ujar Kasman.

Pj Wali Kota Kendari saat berdiskusi bersama Asisten I dan III dan juga Kadis PUPR.

Kabid Kebersihan DLHK Kota Kendari berharap, masyarakat yang tinggal di sekitar kali Kadia untuk menjaga kebersihan kali dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, apalagi langsung membuang di kali.

“Kita ketahui, sejumlah kali besar yang ada di Kota Kendari bermuara ke laut, sehingga kalau kita membuang sampah sembarangan apalagi di sungai atau kali, akan berdampak kotornya Teluk Kendari, tentunya kami tidak inginkan itu terjadi. Mari kita jaga kebersihan utamanya disekitar kita,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kawasan Kali Kadia rencananya akan dijadikan sebagai kawasan ruang terbuka hijau (RTH) sekaligus tempat wisata baru yang diharapkan mampu menjadi salah satu icon milik Pemkot Kendari. (ADV/RK)