HARI gini masih terus mengalami dilema saldo menipis di akhir bulan atau kesulitan dengan kebutuhan mendadak karena nggak punya dana darurat? Tahu nggak sih, ini bisa jadi tanda keuangan yang nggak sehat lho. Mau mengalami kondisi ini dan hidup nggak tenang selama berapa lama lagi?

Mumpung sebentar lagi momen pergantian tahun, saatnya mulai fokus memperhatikan kondisi keuangan yang sehat biar hidup tenang tanpa cemas dengan isi dompet yang pas-pasan. Ini panduan Money Health yang bisa kamu terapkan biar terbebas dari galau finansial.

Awali dengan Analisa Keuanganmu

Langkah pertama adalah awali dengan analisa keuangan diri sendiri. Catat pemasukan dan pengeluaran yang selama ini nggak teratur. Setelah itu check & recheck dengan teliti, apa sih pengeluaran yang paling sering mengalami bocor halus dan bikin kamu boros?

Kalau sudah bisa melakukan analisa terhadap keuangan sendiri, maka kamu bisa menemukan ‘masalah’ finansial sebenarnya yang kamu alami. Misalnya saja, sering tergoda promo e-commerce yang memang lebih hemat, tapi kalau belanjanya kebanyakan juga jadinya malah bikin isi dompet menipis. Dengan menganalisa masalah yang ada, kamu pun bisa mencari solusinya dengan tepat.

Bikin Rencana Keuangan

Kalau sudah bisa menganalisa keuangan, langkah selanjutnya adalah membuat rencana keuangan. Tahap ini adalah membuat breakdown atas segala pendapatan yang kamu punya dan melakukan budgeting terhadap pos-pos pengeluaran yang ada.

Misalnya, berapa banyak yang digunakan untuk pos pengeluaran sehari-hari, pos untuk entertainment, pos belanja, tabungan, hingga dana darurat. Dengan menentukan budgeting untuk setiap pengeluaran, maka saldo pun akan aman sampai akhir bulan.

Biar Rencana Nggak Hanya Jadi Wacana, Pantau Terus Pengeluaranmu

Bikin rencana keuangan saja nggak cukup. Hal lain yang harus dilakukan adalah melakukan monitoring atas segala pengeluaran yang kamu lakukan. Jangan sampai ada yang overbudget karena kamu nggak melakukan monitoring. Misalnya nih, pos belanja sudah hampir terpakai semua, tapi kemudian ada diskonan e-commerce yang bikin tergiur. Sebelum checkout, pastikan dulu apakah masih sesuai budget atau tidak. Jika sudah melebihi budget yang seharusnya, sebaiknya tunda dulu keinginan belanja.

Punya Tabungan itu Wajib Demi Masa Depan yang Terjamin

Ini dia salah satu strategi penting Money Health biar nggak galau finansial melulu. Punya tabungan itu wajib demi masa depan yang terjamin. Nggak ada kata terlambat untuk mulai menabung, awali aja dengan buka tabungan. (MERD/SAC)