Pelantikan Kepala Desa (Kades) Antar Waktu di Wilayah Kabupaten Konawe Selatan oleh Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM didampingi Wakil Bupati, Rasyid S.Sos dan Ketua DPRD, Irham Kalenggo S.Sos M.Si.

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Bupati Kabupaten Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM melantik empat kepala desa (kades) antar waktu dalam wilayah Kabupaten Konawe Selatan di Auditorium Kantor Bupati, Kamis (4/1/2024).

Keempat kepala desa antar waktu yang dilantik yakni Mahmud sebagai Kades Puosu Jaya Kecamatan Konda, Tahan S.Si sebagai Kades Puunangga Kecamatan Lalembuu, Musair sebagai Kades Laeya Kecamatan Laeya dan Ranu S.Sos M.Si yang terpilih menjadi Kades Mowila Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM usai melantik mengapresiasi kepada para kepala desa yang baru saja dilantiknya.

“Selamat bertugas, bekerja untuk melaksanakan sisa masa jabatan,” ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Dikatakannya, pimpinan daerah berharap kemajuan di desa dapat berjalan dengan baik di tangan kepala desa.

“Tugas utama kepala desa yaitu menjaga ketertiban masyarakat. Kalau ada kades yang melanggar saya akan batalkan. Mari melaksanakan tugas negara ini dengan baik. Apalagi menghadapi agenda pemilu. Aturannya jelas kepala desa harus netral. Kepala desa sebagai pembina di desanya. Harus bisa berhasil membangun desa,” imbau Surunuddin.

Surunuddin berharap kepala desa dapat meminta dukungan kepada seluruh masyarakat. “Dalam bekerja harus bekerjasama dan berkolaborasi. Tidak ada lagi jalan sendiri kalau mau berhasil dan sukses dalam pembangunan di desanya, ” sambut orang nomor satu di Konawe Selatan ini.

Menurut Surunuddin, dalam pembangunan desa perlu pemetaan wilayah dan masyarakat. “Dengan begitu kita mudah bekerja untuk membangun wilayah kita,” pesan Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Konawe Selatan, Drs Annas Mas’ud M.Si menuturkan kades yang dilantik sesuai hasil pemilihan kades yang pemungutan suara dilaksanakan 10 Desember 2023 lalu di tiga desa. Yakni Desa Mowila, Laeya dan Puosu Jaya. Sementara di Desa Puunangga dilaksanakan pemilihan kades dengan musyawarah mufakat.

Pemilihan kades tersebut dengan adanya pengunduran diri dari tiga desa kades dimana sisa jabatannya di atas dua tahun.

Tiga desa dimaksud yaitu Desa Punangga, Desa Laeya dan Desa Mowila.

“Ketiga kepala desa ini mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota legislatif (caleg). Sedangkan kades Puosu Jaya dilaksanakan pemilihan dikarenakan kepala desa sebelumnya tersandung kasus yang mempunyai kekuatan hukum tetap,” jelas Annas.

Pelantikan desa tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid S.Sos M.Si, Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo S.Sos M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda), Hj ST Chadidjah S.Sos M.Si, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para tokoh masyarakat dari empat desa. (RED/SAC)