Pj Wali Kota Kendari saat mengambil Sumpah Jabatan pejabat yang baru dilantik.

KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari H. Asmawa Tosepu, AP., M.Si. kembali melakukan penyegaran ditubuh pemerintah kota (Pemkot) Kendari dengan melakukan pergantian dan rotasi pada jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) Senin, 7 Agustus 2023 sore.

Asmawa melantik 12 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari diaula Mepokoaso lantai 10 tower Balai Kota Kendari.

Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Kendari H. Subhan, S.T. asisten III Setda Kota Kendari Makmur, S.Pd., M.Pd. asisten I Setda Kota Kendari Amir Hasan.

Asmawa Tosepu mengatakan, pelantikan tersebut dilakukan untuk percepatan atau akselerasi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Kendari.

“Ada beberapa yang saya beri penekanan diantaranya, ASN harus memiliki core value berakhlak dengan 7 konsep dasar yang sifatnya untuk pelayanan semua,” kata Asmawa.

Lanjut kata Asmawa, kedua fungsi pemerintahan tersebut ada empat disamping pelayanan publik yang berkeadilan, pembangunan untuk kesejahteraan, pemberdayaan untuk kemandirian juga sebagai regulator untuk menciptakan ketertiban.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini juga menekankan, seorang pemimpin minimal memiliki tiga konsep dasar yakni pemahaman terhadap perundang-undangan yang berfungi sebagai pelindung atau barier, sehingga terhindar dari perbuatan curang atau Fraud.

“Kemudian harus terus mengasah skill agar bisa bekerja dengan baik dan harus mampu mengarahkan bawahan atau sejalan antara pimpinan dan bawahan,” pungkas pria kelahiran Wonggeduku Kabupaten Konawe itu.

Adapun 12 Pejabat yang dilantik mereka adalah:

  1. Susanti Kepala Dinas Sosial Kota Kendari mengantikan Abdul Rauf
  2. Sri Yusnita Inspektur Kota Kendari mengantikan Syarifuddin
  3. Hasria Mahmud Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari mengantikan Sudirham
  4. Nismawati Kepala Dinas Komunitas dan Informatika Kota Kendari mengantikan Fadlil Suparman
  5. Fadlil Suparman Kepala Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari mengantikan Paminuddin
  6. Paminuddin Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Nismawati
  7. Mohammad Nur Rasak Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari mengantikan Sri Yusnita
  8. Andi Dajeng Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggantikan Jahudding
  9. Abdul Rauf Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari mengantikan Hasria Mahmud
  10. Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding mengantikan Susanti.

Sementara

  1. Syarifuddin dilantik sebagai Staf ahli pemerintahan bidang politik, hukum dan HAM
  2. Sudirham dilantik sebagai Staf Ahli bidang kemasyarakatan SDM dan Kerjasama.

Tak hanya itu, Pj Wali Kota Kendari juga melantik sejumlah pelaksana tugas, di antaranya, Plt Kepala UPTD TPA Puuwatu dan Kepala UPTD Perumahan Khusus DLHK. (SAC)

Reporter: Rikal Kisman