Camat Lainea, Masruddin S.Pd M.Pd bersama aparatur pemerintah kecamatan dan desa usai menerima hadiah lomba peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-XX Kabupaten Konawe Selatan.

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan mengukir berbagai prestasi di momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Selatan yang ke-XX.

Torehan prestasi tak lepas dari sinergitas kerja Camat Lainea, Masruddin S.Pd M.Pd bersama aparaturnya sampai pemerintah desa dan masyarakatnya.

Banyaknya prestasi yang dicapai di momentum HUT Konawe Selatan ke-XX diumumkan pada acara penutupan Pameran Expo Pembangunan Kabupaten Konawe Selatan, Rabu (10/5/2023) malam.

Prestasi itu yakni juara II lomba stand pameran antar kecamatan, juara I lomba Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Matabubu Jaya, juara I lomba Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat kabupaten, juara III sepakbola bupati cup dan juara II lomba desa tingkat kabupaten.

Camat Lainea, Masruddin mengungkapkan prestasi yang dicapai Kecamatan Lainea tak lepas dari kerjasama pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat.

“Prestasi ini adalah kebanggaan masyarakat Kecamatan Lainea. Utamanya membangun sinergitas dari masyarakat, desa dan pemerintah kecamatan,” ujar Masruddin.

Masruddin mengapresiasi pemerintah kabupaten khususnya Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM atas penilaian terhadap Kecamatan Lainea atas capaian yang diraih pada momentum HUT Konawe Selatan ke-XX.

Kepala Desa Matabubu Jaya, Jumadil, yang dinobatkan sebagai desa dengan juara I BumDes di Konawe Selatan mengatakan Desa Matabubu Jaya dalam pengelolaan BumDes mengembangkan biogas, simpan pinjam, jasa penerangan, jasa penerangan, jasa sewa penjmgeringan gabah, dan jasa sewa alat pertanian.

Dikatakannya, perputaran nilai BumDes Matabubu Jaya Rp 200 juta lebih. Dimana siklus BumDes dan desa ke masyarakat berputar.

“Siklus BumDes Matabubu Jaya berputar ke dari masyarakat dan menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD). Sehingga, melalui BumDes juga kita dapat memberikan bantuan sosial ke masyarakat,” ujar Jumadil.

Senada dengan itu Ketua BumDes Matabubu Jaya, Kamaruddin menambahkan BumDes Matabubu Jaya yang sehat dan menjadikan bertambahnya pendapatan di desa.

Selain jasa sewa, tambahnya, biogas dari kotoran ternak biogas menghasilkan gas dan pupuk cair yang pendapatannya menjadi aset BumDes Desa Matabubu Jaya.

Untuk diketahui, dengan prestasi juara I penilaian BumDes dan PKK, Kecamatan Lainea Desa Matabubu Jaya dan Kecamatan Lainea masing-masing memperoleh hadiah satu unit motor dari pemerintah kabupaten. (RED/SAC)