MEMBANGUN bisnis sendiri mungkin jadi sebuah goal besar bagi sebagian orang. Butuh keberanian dan usaha besar untuk bisa memulainya. Ketika bisnismu akhirnya berhasil dijalankan, perjuangan masih panjang. Penting untuk mengenali berbagai faktor yang mendukung keberhasilan bisnis agar bisa tumbuh dan berkembang.

Menurut Investopedia, wirausaha yaitu individu yang dapat memulai bisnis mereka sendiri, mengambil sebagian besar risiko, dan pada ujungnya menikmati manfaat dari bisnis yang mereka jalankan sejak awal.

Namun selama perjalanannya, ternyata nggak sedikit wirausaha yang di tengah jalan mengalami kegagalan atau bahkan bangkrut karena belum terbangunnya jiwa wirausaha. Salah satu faktor penyebabnya adalah anggapan bahwa menjalankan bisnis hanya perlu mengandalkan modal besar saja. Selain itu, ketidaksiapan dengan berbagai hal tak terduga seperti musibah atau kondisi pandemi seperti beberapa waktu belakangan ini juga mempengaruhi keberhasilan usaha yang dijalankan.

Demi berkembangnya bisnis yang dibangun, yuk kenali beberapa faktor penting yang mendukung keberhasilan usahamu.

Sikap

Sikap pemilik usaha ternyata berdampat besar pada keberlanjutan bisnis yang dijalani. Beberapa sikap yang mencerminkan bisnis antara lain rajin, kesabaran, kepercayaan diri, ketekunan, etos kerja, disiplin, dan pengembangan keterampilan.

Keahlian

Keahlian juga menjadi faktor penting untuk sukses menjalankan bisnis. Faktor yang satu ini juga bisa dimiliki oleh siapapun karena pada dasarnya siapa saja bisa mempelajari berbagai keahlian yang dibutuhkan. Jadi, kunci sukses dari bisnis adalah mau terus belajar dan jangan lupa untuk belajar dari pengalaman.Berani Mengambil Risiko
Bertahan di zona nyaman akan membuat bisnismu jalan di tempat, atau malah ketinggalan dari kompetitor. Jadi, penting bagi wirausahawan untuk berani mengambil risiko. Selain dimulai dengan tindakan, keberanian untuk menghadapi peluang dengan risiko paling buruk sekalipun sangat penting bagi seorang wirausaha.

Keterampilan Kewirausahaan

Nggak lupa, skill wirausaha juga faktor penting dalam menjalankan bisnis yang dibangun. Tanpa keterampilan bisnis yang mumpuni, usaha yang dijalankan akan stagnan dan nggak berkembang. Atau paling buruk adalah bangkrut dalam jangka waktu pendek.

Kreatif

Kreativitas juga diperlukan dalam merintis sebuah bisnis yang sukses. Dengan kemampuan menciptakan ide kreatif yang out of the box, kamu bisa merancang produk atau jasa yang berbeda dari kompetitor sekaligus menjadi kekuatan tersendiri yang menarik perhatian konsumen. Selain itu, kreativitas juga diperlukan dalam membangun strategi promosi yang efektif agar menarik konsumen lebih banyak.

Peningkatan Modal Usaha

Modal udaha memang bukan faktor paling utama di antara faktor lainnya. Tapi, proses pengembangan usaha jadi hal yang pasti terjadi dalam bisnis agar bisa bergerak maju. Inilah yang membuat wirausaha wajib mempersiapkan modal dengan baik.

Selain lewat keuntungan yang ditabung, bisa juga dengan mengajukan pinjaman modal di lembaga lain. Namun, pastikan memilih lembaga keuangan yang memiliki legalitas dan kredibilitas baik. Pinjaman usaha lewat KoinWorks menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Selain itu, hindari beberapa faktor berikut ini yang tidak membawa manfaat pada bisnis yang dijalankan dan malah berpeluang menghadirkan kerugian.

  • Culas dalam manajemen bisnis
  • Tidak ada keterampilan sesuai bisnis yang dijalankan, atau hanya modal keberanian saja
  • Kurangnya pengetahuan yang memadai tentang manajemen keuangan
  • Kurangnya antusiasme untuk mengembangkan bisnis
  • Kurangnya manajemen personalia yang baik. (MERD/SAC)