Owner Warkop Andoolo, Sasliansyah saat melayani pengunjung. Warkop Andoolo salah satu pusat kuliner yang terdapat di Ibukota Kabupaten Andoolo.

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Selatan ke-XX memberikan berkah tersendiri bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ibukota Andoolo.

Pasalnya, sejak persiapan HUT Konawe Selatan 28 April 2023 lalu hingga saat ini daya beli masyarakat menjadi meningkat.

Hal itu pdirasakan salah satu pelaku UMKM yang juga Owner Warkop Andoolo, Sasliansyah. Selaku pengusaha kuliner di Andoolo, dirinya bersyukur dengan adanya keramaian menjelang dan saat HUT Konawe Selatan.

Bagi Sasli (sapaannya), adanya momentum HUT Konawe Selatan menambah income (penghasilan) bagi para pelaku usaha.

“Kami rasakan siklus ekonomi berputar dan hidup .Teman-teman pedagang merasakan langsung tingginya pengunjung,” ujar Sasli.

Dia mengatakan sepuluh hari ini sejak sejak persiapan dan pasca peringatan HUT Konawe Selatan dan pameran sirkulasi pengunjung sangat tinggi.

“Kita sebagai pedagang bersyukur atas HUT Konsel ini,” tuturnya.

Sebagai pelaku usaha, Sasli menuturkan beberapa hari terakhir ini peningkatan para pengunjung meningkat 30 persen.

“Sebelumnya, di bulan Ramadan pedagang makanan agak sepi pengunjung. Sejak persiapan HUT Konsel benar-benar ada kenaikan. Begitupula pada sisi pendapatan meningkat sekitar 30 persen dari hari-hari normal,” ungkap Sasli.

Kata dia, bukan saja pelaku UMKM di Ibukota Andoolo yang merasakan dampaknya. Para pedagang di pasar juga merasakan. Sebab, pengusaha UMKM membeli bahan baku dagangan di pasar sekitar ibukota seperti Pasar Andoolo Utama (DU).

“Jadi ada perputaran siklus ekonomi. Pengunjung meningkat, kami pun membeli bahan bakunya juga meningkat,” paparnya.

Dia berharap agar pemerintah maupun swasta dapat membuat event-event keramaian di ibukota Andoolo bukan saja pada momentum HUT Konawe Selatan. (RED/SAC)