Rapat pleno pembentukan tiga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang yang dipimpin Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono didampingi Sekretaris PWI, Mahdar Tayong di Sekretariat PWI Sulawesi Tenggara, Rabu (30/8/2023) malam.

  • Tiga PWI Cabang di Sulawesi Tenggara Terbentuk

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Persatuan Wartawan Indobesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar rapat pleno diperluas dalam rangka pembentukan PWI Cabang Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan di Sekretariat PWI Sultra, Rabu malam (30/08/2023).

Rapat Pleno dipimpin langsung oleh Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono didampingi Sekretaris, Mahdar Tayong tersebut menyampaikan ketiga kabupaten di Sulawesi Tenggara ini telah memenuhi syarat terbentuknya PWI Cabang dengan komposisi pengurus yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara telah terpenuhi yakni kartu PWI biasa, sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Kartu Tanda Penduduk.

“Alhamdulillah malam ini PWI Sultra melaksanakan rapat pleno dan telah membentuk tiga PWI Cabang sesuai dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI. Ketiga cabang itu masing masing PWI Buton Utara, PWI Konawe dan PWI Konawe Sekatan,” ujar Sarjono.

Wartawan LKBN ANTARA ini mengaku, rapat pleno pembentukan PWI cabang ini terlaksana berdasarkan aspirasi wartawan yang ada di daerah-daerah. Aspirasi ini selanjutnya ditindak lanjut melalui Bidang Organisasi PWI dan dianggap telah memenuhi syarat, untuk itu secara resmi ditetapkan pembentukannya.

“Aspirasi yang masuk itu ada enam Kabupaten, tetapi yang hadir dan tekah menyerahkan persyaratan itu hanya tiga Kabupaten. Sementara untuk Kabupaten Bombana, Muna dan Muna Barat belum ditetapkandan akan ditindaklanjut dalam pleno berikutnya,” akunya.

Ketua PWI dua periode ini menambahkan, dengan terbentuknya PWI di Kabupaten Buton Utara, Konawe dan Konawe Selatan ini telah menambah organisasi PWI di daerah. Sebelumnya sudah ada PWI Baubau, Kolaka, Konawe Utara dan Wakatobi.

“Kita berharap dengan terbentuknya PWI di tiga daerah ini, seluruh pengurus PWI yang dipercayakan untuk membawa lembaga ini sesuai dengan PDRT PWI dan meningkat kualitas sumber daya wartawan di daerah. Selamat kepada PWI Butur, Konawe dan Konawe Selatan. Silakan menyusun kepengurusan dan menyusu. Program kerja untuk tiga tahun ke depan,” tandasnya.

Di Kabupaten Konawe Selatan, Herman S.Sos ditetapkan menahkodai PWI Konawe Selatan.(RED/SAC)