Irham Kalenggo, Adi Jaya Putra, Rasyid

Modal Tarung di Pilkada Konawe Selatan

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi dan perhitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dari hasil pleno tersebut, Partai Golkar tercatat masih kokoh mempertahankan kursi Ketua DPRD Kabupaten Konawe Selatan. Partai Golkar pada Pemilu 2024 ini mendudukan sembilan calon anggota legislatifnya di parlemen Konawe Selatan.

Menariknya, Partai NasDem dan PKS berhasil merebut unsur pimpinan di DPRD dengan menyalip Partai Gerindra dan PDIP yang sebelumnya menduduki kursi Wakil Ketua I dan II di DPRD Kabupaten Konawe Selatan.

Keberhasilan Partai Golkar, NasDem, dan PKS tak lepas dari peran pimpinan Partai Politik. Seperti Partai Golkar di bawah kendali, Irham Kalenggo, Partai NasDem kendali, Adi Jaya Putra, dan Partai PKS, dikendalikan Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid.

Ketiga figur ini, jeli menempatkan dan menghadirkan caleg potensional mendulang suara dan merebut simpati masyarakat. Terlebih lagi usai Pemilu 14 Februari lalu, bakal dilangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada), 27 November 2024.

Pilcaleg 14 Februari lalu Partai Golkar meraup 9 kursi, Partai NasDem 7 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 4 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 3 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 kursi.

Ketua DPD Partai NasDem, Adi Jaya Putra mengatakan hasil Pemilu 2024 merupakan keberhasilan kader dan kerja kerja instrumen partai dan simpatisan.

“Keberhasilan NasDem Konsel mendongkrak kursi DPRD kabupaten dan berhasil mendapat satu pintu utuh menuju Pilkada bupati 2024,” ujar Adi Jaya Putra yang kerap disapa AJP.

Lanjutnya, selama ini kekosongan DPRD Provinsi daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara 2 yakni Konsel-Bombana selama dua periode Pemilu akhirnya dapat diisi.

“Hasil ini, kita menunggu mandat dari DPP NasDem untuk mempersiapkan kader nya maju pada pemilihan bupati Konawe Selatan 2024,” ujar AJP.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Konawe Selatan, Irham Kalenggo mengaku target Partai Golkar di Konawe Selatan pada Pemilu kali ini dengan menargetkan 7 kursi.

“Alhamdulillah dari target 7 kursi kita dapat 9. Ini tidak lepas dari kerja seluruh teman-teman di Konsel khususnya para caleg,” pandang Irham.

Irham mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan Partai Golkar.

“Tentu capaian ini, kami mempersiapkan diri apalagi teman-teman di Golkar mempersiapkan kepada saya untuk maju pada Pemilukada ke depan,” papar Irham. (RED/SAC)