Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Konawe Selatan, Harlin S.Pd M.Si saat melaksanakan pelayanan pencatatan sipil. Kegiatan pelayanan itu direncanakan digelar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe Selatan di mulai, Rabu (25/1/2023).

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe Selatan dijadwalkan turun langsung di 14 kecamatan untuk memberikan pelayanan pencatatan sipil bagi warga.

Hal itu diungkapkan Kepala Dukcapil Konawe Selatan, Drs Muh Yusuf melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Harlin S.Pd M.Si, Rabu (25/1/2023).

Harlin mengatakan pelayanan pencatatan sipil di kecamatan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat Konawe Selatan yang belum memiliki dokumen pencatatan sipil.

“Kita mendekatkan pelayanan masyarakat yang belum memiliki akta-akta capil. Pelayanan ini pula disertai cetak langsung dokumen dengan tujuan percepatan kepemilikan dokumen akta capil,” ujar Harlin.

Syaratnya kata dia, dengan membawa persyaratan pendukung untuk membuktikan data valid berupa Kartu Keluarga (KK), surat keterangan lahir dari bidan, buku nikah, atau surat kematian dari desa untuk dibuatkan akta kematian.

“Untuk non muslim yang sudah menikah melampirkan berkas formulir pendaftaran nikah dari N1 sampai dengan N5 baik dari desa dan pemuka agama masing-masing,” terangnya.

Kegiatan pelayanan itu, lanjut Harlin, dengan melibatkan operator Dukcapil di kecamatan.

Dikatakannya, pelayanan pencatatan sipil itu bukan saja melayani cetak akta kelahiran, tetapi dengan akta-akta lainnya seperti akta kematian dan perkawinan non muslim.

“Pelayanan pencatatan sipil dilaksanakan dari bulan Januari sampai Februari awal tahun ini,” katanya.

Dihari pertama, lanjut Harlin, pihaknya sangat bersyukur dan mengapresiasi, karena masyarakat antusias untuk datang melakukan pencetakan akta pencatatan sipil.

“Baik untuk pergantian, rusak atau hilang maupun karena ada penambahan anak di dalam keluarga. Kegiatan ini pula untuk melebihi cakupan kepemilikan akta kelahiran atau dokumen lainnya sesuai target nasional yang diberikan sesuai target pusat administrasi kependudukan (Adminduk),” ungkapnya.

Untuk diketahui 14 kecamatan yang menjadi titik pelayanan akta pencatatan sipil Dukcapil Konawe Selatan, yakni Kecamatan Benua, Angata, Mowila, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Moramo Utara, Moramo, Lainea, Laeya, Kolono, Kolono Timur, Konda, Landono dan Kecamatan Sabulakoa. (RED/SAC)