KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari menggelar paripurna istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke 192 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Kendari pada Selasa, (09/05/23).

Dalam pelaksanaan paripurna yang ikut dihadiri langsung oleh seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kota Kendari itu menayangkan film dokumenter sejarah terbentuknya Kota Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan peringatan HUT ini berarti penting bagi seluruh masyarakat Kota Kendari dalam mengenang, menghayati, dan mengambil hikmah yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

“Selain itu pula, ini merupakan momentum kita bersama untuk merenungkan kembali dan mengevaluasi diri dari hal-hal yang belum terselesaikan,” katanya.

Melihat usia Kota Kendari yang sudah 192 tahun, Subhan mengatakan tentunya bukan perjalanan yang singkat sejak titik nol hingga saat ini secara terus menerus melakukan pergerakan yang lincah, gesit, dan faktual yang berprestasi.

“Ini berarti dalam perjalanan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Kendari terus bergerak dengan dinamika yang membawa warna baru dalam arah kebijakan pembangunan yang digalakkan pemerintah daerah silih berganti dalam kurun waktu pemerintahannya,” ungkapnya.

Subhan melanjutkan dirinya yakin banyak masyarakat yang menjadi saksi perjalanan Kota Kendari hingga saat ini dapat sejajar dengan kota dan kabupaten lainnya yang lebih maju.

“Tentunya apa yang dicapai hingga hari ini tidak lepas dari kebersamaan, kemitraan, keharmonisan antara pemerintah, DPRD, dan seluruh masyarakat Kota Kendari dalam mewujudkan karya faktual dan berprestasi,” katanya.

“Yang pasti bahwa semua itu menjadi kebanggaan kita bersama, tidak berlebihan jika saya memberikan predikat Kota Kendari sebagai Kota Idaman dengan Wajah Baru,” tambahnya.

Sementara itu penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, saat ini seluruh elemen masyarakat di Kota Kendari sedang merayakan HUT Kota Kendari ke 192.

“Tentunya sudah banyak capaian yang ditorehkan oleh pemerintah bersama masyarakat termasuk stakeholder dan DPRD Kota Kendari selama ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu dia juga mengatakan seluruh pembangunan, kemajuan, dan keberhasilan didedikasikan untuk kesejahteraan, pertumbuhan, dan kemajuan Kota Kendari.

“Kedepannya kita berharap dapat berkolaborasi dengan inovasi dan gagasan dari seluruh elemen masyarakat dalam rangka mewujudkan kota Kendari yang maju, mandiri, sehat, sejahtera, dan pelayanan publik yang berkeadilan yang diberikan oleh aparatur sipil negara,” tutupnya. (SAC)

Reporter: Rikal Kisman