DPM-PTSP Konawe Selatan saat melakukan pengawasan perizinan pelaku usaha di Konawe Selatan

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Konawe selatan melaksanakan kegiatan Pengawasan Perizinan Pelaku Usaha di kecamatan yang berada di Kabupaten Konawe selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan informasi Penanaman Modal/DALAK Dinas PMPTSP. Dimana Bidang DALAK membentuk tim guna percepatan Pengawasan kepelaku perizinan berusaha.

Pengawasan perizinan berusaha pada pelaku usaha dilaksanakan hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 sampai tanggal 30 Mei 2023 di kecamatan yang telah ditunjuk pada kegiatan tersebut.

Adapun tim yang dibentuk oleh Bidang DALAK sebanyak lima tim yang dikoordinir oleh bidang Dalak dan bidang-bidang yang ada di Dinas DPMPTSP Konawe Selatan. Rencananya, DPMPTSP akan berkunjung di 20 pelaku usaha yg ada di Kabupaten Konawe Selatan

Kegiatan tersebut bertujuan guna peningkatan kepatuhan dalam pelaporan Laporan Kegiatan Penanaman Modal/ LKPM.

Kepala Bidang DALAK DPMPTSP, M Hamdar S.Sos M.Si mengatakan kegiatan pengawasan ini guna melihat peningkatan investasi, kemitraan dengan pelaku usaha UMKM.

Selain itu, lanjut Hamdar, pemenuhan penerimaan tenaga kerja lokal serta meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam penyampaian LKPM guna peningkatan investasi di Kabupaten Konawe Selatan.

Dia mengungkapkan kegiatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik tahun 2023 serta kegiatan tersebut sesuai dengan per BKPM Nomor 03 tahun 2022 terkait pedoman kegiatan Penanaman Modal tahun Anggaran 2023.

“Pada tahun 2023 Konsel menargetkan nilai investasi sebesar Rp 2,5 triliun. Yang dimana target tersebut bisa terealisasi bilamana pelaku usaha melaporkan laporan Kegiatan Penanaman Modal/LKPM tiap triwulan,” ujarnya.

Mantan Kepala Seksi IKP Dinas Kominfo mengatakan jika melampaui target tersebut bila pelaku usaha aktif dan rutin melaporkan LKPMnya secara rutin pertriwulan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, kata dia, nilai realisasi penanaman modal di Konawe Selatan bisa meningkat serta melampaui target yang diberikan.

“Konawe Selatan merupakan surga investasi bagi para pelaku usaha. Hal tersebut didukung dengan letak geografis yang sangat pas dikarenakan semua sektor investasi Konsel. Misalnya sektor pertambangan, perkebunan, kelautan perikanan dan sektor pertanian serta sektor perindustrian,” ujarnya. (RED/SAC)