KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Sebanyak 200 hingga 300 komunitas lari di Sultra akan meriahkan kegiatan kompetisi olahraga lari yang dikemas dalam bentuk Toronipa Beach Run 2022, yang akan digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan ini direncanakan berlangsung pada hari Sabtu (24/12/2022) mendatang.

Kepala Dispar Sultra Belli melalui Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Andi Syahrir mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang untuk mempromosikan kawasan Jalan Wisata Kendari-Toronipa yang akan segera diresmikan penggunaannya.

“Jalan Wisata Kendari-Toronipa akan segera diresmikan. Sebagai bagian dari promosi dan sosialisasi ke masyarakat, kita melaksanakan kegiatan olahraga dalam bentuk Toronipa Beach Run,” kata Andi Syahrir.

Menurutnya, ruas Jalan Wisata Kendari-Toronipa dan Pantai Toronipa sendiri merupakan satu kesatuan destinasi Wisata Toronipa. Ruas jalan dua jalur dengan lebar masing-masing delapan meter sepanjang 14 kilometer, yang menyusuri kawasan pesisir Kota Kendari-Kabupaten Konawe, menyajikan panorama indah.

“Kegiatan Toronipa Beach Run 2022 akan melibatkan komunitas lari yang ada di Sultra. Setidaknya, panitia menargetkan 200 hingga 300 pelari dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jarak tempuh yang dilalui peserta lari sepanjang lima kilometer yang dimulai dari Desa Tapulaga hingga titik finish di Pantai Toronipa,” jelasnya.

Untuk diketahui, lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yakni putra dan putri, dan pemenang hingga juara ketiga untuk masing-masing kategori. Selain hadiah untuk para juara lomba, panitia juga menyiapkan hadiah hiburan berupa door prize dan selfie competition yang akan dilaksanakan di titik finish seusai perlombaan. (SAC/RED)

Reporter: Krismawan