ANDOOLO (SULTRAAKTUAL.COM) – Para calon kepala desa di Konawe Selatan diminta untuk menandatangani pakta integritas menjelang pemilihan kepala desa serentak.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (10/5), dipimpin langsung oleh Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM dihadiri para calon kepala desa dan sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup pemerintah daerah.

Surunuddin Dangga menuturkan penandatanganan Pakta Integritas untuk membangun komitmen bersama bagi semua calon kepala desa untuk mendukung pelaksanaan pemilihan kepala desa yang berkualitas aman dan damai.

Momentum penandatanganan itu, lanjutnya, agar dibutuhkan komitmen bersama agar kita semua menjaga simpatisan agar mensukseskan pesta demokrasi di desanya. Dimana pelaksanaan Pilkades di Konawe Selatan berjumlah 86 desa di 24 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 270 orang.

“Pilkades serentak adalah amanah perundang-undangan. Dimana Konawe Selatan telah melaksanakan pemilihan kepala desa serentak sejak tahun 2016, 2018 dan 2019 lalu. Tentunya kita sudah sangat dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi di desa.Dengan adanya penandatanganan Pakta Integritas akan mengingatkan kembali komitmen mendukung pelaksanaan pemilihan kepala desa yang berkualitas, menjaga ketentraman dan ketertiban selama tahapan pemilihan berjalan,” terang Surunuddin.

Dikesempatan itu, bupati dua periode ini berpesan kepada panitia pemilihan untuk tetap profesional, mengelola pemilihan secara transparan, berkualitas dan aman. Siapapun kepala desa yang terpilih merupakan putra-putri terbaik desa.

“Dukung mendukung dalam pemilihan merupakan hal wajar dalam kontestasi jabatan politis. Terpenting, penyampaian program pembangunan desa merupakan tawaran untuk mendapat simpati masyarakat,” tuturnya.

Dia menekankan calon kepala desa membuat program desa yang bersinergi dengan dengan program pembangunan daerah, agar terjadi percepatan capaian pembangunan daerah dan desa.

“Sampaikanlah program pembangunan desa yang memberi harapan untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa yang pada akhirnya bersama-bersama sama mewujudkan desa maju Konsel hebat di Kabupaten Konawe Selatan,” imbaunya. (RED/SAC)