Bendungan Tonggalueno yang telah jebol beberapa bulan lalu masih belum ada perbaikan.

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Warga Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan menyoroti kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Konawe Selatan.

Pasalnya, Bendungan Tonggalueno yang terletak di Desa Andoolo Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan dan menjadi sumber pengairan 50 hektar sawah petani tak kunjung ada perbaikan setelah jebol.

Samsuddin SH MH menuturkan tidak ada kepedulian dinas terkait terhadap laporan petani mengenai jebolnya Bendungan Tonggalueno.

Padahal kata Samsuddin, kerusakan bendungan tersebut sudah terjadi beberapa bulan yang lalu.

“Sampai hari ini bendungan tersebut tidak pernah dilakukan perbaikan,” ujar Samsuddin yang juga berprofesi pengacara ini.

Samsuddin mengatakan saat ini sudah selesai musim tanam bagi para petani, tetapi dinas PU Konawe Selatan tidak ada inisiatif untuk melakukan perbaikan.

Padahal, lanjut dia, pihaknya sudah beberapa kali melaporkan hal tersebut kepada dinas PU Konawe Selatan.

“Kalau memang Dinas PU Konsel tidak mau untuk memperbaiki sebaiknya menyerahkan saja pemeliharaannya kepada balai,” ketus Samsuddin.

Dia berharap Dinas PU segera memperbaiki kerusakan atau pemeliharaan bendungan kepada masyarakat.

“Kita ini sama-sama masyarakat yang membutuhkan perhatian dari pemerintah. Kita berharap dinas terkait menjawab keluhan masyarakat,” timpalnya. (RED/SAC)