Atlet Taekwondo berpose saat meraih medali emas didampingi Ketua Pengcab Taekwondo, Agusalim.

ANDOOLO (SULTRAAKTUAL.COM) – Konawe Selatan terus menambah pundi-pundi medali emasnya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV 2022. Kali ini datang dari cabang olahraga taekwondo dan tinju yang digelar di Pasarwajo, Rabu (30/11).

“Alhamdulillah untuk pertandingan hari pertama taekwondo kami memperoleh tiga medali emas dan satu medali perak,” ujar H Agusalim Ketua Pengcab Taekwondo Konawe Selatan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Konawe Selatan ini mengatakan perolehan medali itu masih bersifat sementara. Sebab, lanjut dia, masih ada beberapa pertandingan yang dihadapi para atlet hingga dua hari kedepan.

“Semoga bisa menambah perbendaharaan medali untuk Konsel,” katanya.

Ketiga atlet taekwondo yang berhasil menyabet medali emas yakni Al Ukminwatu juara 1 kelas under 73 kg Putri, Nur Fadillah juara 1 Under 49 kg Putri, Hisyam Naser Muslin Juara 1 Under 68 kg Putra dan Muhammad Muliadi Juara 2 Under 87kg Putra.

Tak hanya taekwondo, atlet tinju Konawe Selatan juga menyumbangkan medali emas di kelas 71 kilogram.

Busman petinju Konsel dengan gaya bermain Mike Tyson si leher beton berhasil mengkandaskan petinju asal Kota Kendari di partai final dengan kemenangan angka sampai ronde ketiga.

“Iya di partai final 71 kilogram atlet kita meraih emas. Masih ada tiga partai lagi yang akan berlaga di final,” ujar Budi Yuliarto Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Konawe Selatan.

Dia menambahkan ketiga partai final yang bakal seru dan dinantikan datang dari petinju putri kelas 48 kilogram, putri kelas 57 kilogram, dan putra kelas 67 kilogram.

Bertambahnya koleksi medali itu, Konawe Selatan makin mantab di posisi ketiga dan menempel Konawe Utara di posisi kedua dan Kota Baubau di posisi pertama.

Saat ini data media center penyelenggara Porprov peringkat pertama di duduki oleh Kota Baubau dengan perolehan 39 medali emas, 25 perak dan 31 perunggu.

Sementara diposisi kedua ditempati Kabupaten Konawe Utara dengan perolehan medali emas sebanyak 38 medali, 24 perak dan 15 perunggu.

Disusul Konawe Selatan dengan 21 emas, 37 perak dan 38 perunggu yang kian nyaman diposisi ketiga dan bisa saja mengkudeta posisi pertama dan Runner up. (RED/SAC)