KENDARI (SULTRAAKTUAL.COM) – Dalam rangka melaksanakan kinerja kepolisian yang presisi dan memberikan pelayanan serta informasi, kepada masyarakat terkait Kamtibmas didaerah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sambuli Kecamatan Abeli Kota Kendari, mengubah kampung dimana masyarakatnya berkebiasaan meminum minuman keras menjadi Kampung Pekerja.

Inovasi tersebut merupakan terobosan Bhabinkantibmas Kelurahan Sambuli Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Aipda Sisran, S.SI.

Sebagai Bhabin, Sisran punya inovasi tersendiri dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat binaanya dengan mengubah paradigma masyarakat menjadi lebih kreativ dan inovatif

Dimana ia mampu mengubah Kampung Miras menjadi Kampung Pekerja agar kegiatan masyarakat bisa diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Sisran mengaku sejak awal memulai masa tugasnya di Kelurahan Sambuli, ia melihat kampung tersebut hampir setiap malam masyarakat terlihat sibuk menghabiskan waktu dengan minum minuman keras.

Sejak saat itu ia terpikir bagaimana untuk mengubah pola berpikir masyarakat dari yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat.

“Saat itu yang pertama kali saya lakukan adalah mencoba berkordinasi dengan pihak perusahaan Gas Elipiji yang ada di Kelurahan Sambuli. Agar kiranya bisa memberikan peluang kerja kepada masyarakat binaanya. Setelah berkoordinasi dan dipenuhi permintaan itu, saya lalu mengkoordinasikan kepada pemerintah setempat dengan tokoh tokoh masyarakat, bahwasannya perusahaan Gas Elpiji tersebut siap memberikan peluang kerja kepada masyarakat untuk bekerja dengan rekomendasi darinya,” ujar Sisran.

Sampai saat ini atas rekomendasi, Aipda Sisran, dan kerjasama antara pemerintah setempat dan tokoh masyarakat, Warga di Kelurahan Sambuli tidak terlihat seperti dulu lagi.

“Yang tadinya kampung itu masyarakatnya terkhusus kaum pria jika malam sibuk dengan minum-minuman keras, tapi sekarang sudah berubah. Masyarakat Kelurahan Sambuli sudah disibukan dengan bekerja dan kegiatan yang lebih bermanfaat,” terang Sisran.

Terbukti tambah dia, dengan stigma berfikir positif masyarakat saat ini laporan polisi dari angka kriminalisasi dari Kelurahan Sambuli berkurang dengan signifikan. (RED/SAC)