Peserta Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) Kabupaten Konawe Selatan saat mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (28/11/2023).

Seleksi CAT Berlangsung

KONSEL (SULTRAAKTUAL.COM) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Selatan melaksanakan seleksi Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Seleksi CAT tersebut dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Konawe Selatan, Selasa (28/11/2023).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Selatan, Pujiono SH MH menuturkan seleksi CAT Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) bakal dilangsungkan selama empat hari.

“Kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama empat hari. Dimulai sejak Selasa (hari ini, red) sampai dengan Jumat,” ujar Pujiono.

Dikatakannya, proses seleksi dibagi beberapa sesi. Sejak dibuka Selasa (28/11/2023) hingga Kamis mendatang proses seleksi CAT dibagi tiga sesi. Sementara Jumat mendatang dibagi dalam dua sesi.

“Masing-masing peserta dibagi jumlah sesi ujian seleksi CAT nya. Sejak dibuka Selasa sampai Rabu tiga sesi dengan jumlah peserta masing-masing sesi sebanyak 76 peserta. Sementara Kamis dibagi tiga sesi, Jumat dibagi dua sesi dengan jumlah peserta sebanyak 75 peserta ujian,” papar Pujiono.

Mantan Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Selatan ini menuturkan proses ujian seleksi CAT peserta dipantau langsung oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat.

Senada dengan itu, Sekretaris BKPSDM Konawe Selatan, Rahmat Saleh S.Stp menuturkan sebelumnya dari 1.150 pelamar, sebanyak 899 pelamar dinyatakan lulus dari tahapan seleksi administrasi.

“Sebanyak 899 pelamar yang lulus seleksi administrasi yang mengikuti seleksi Computer Assessment Test (CAT),” ungkap Rahmat.

Dia mengatakan dari total itu mereka akan berebut 100 kuota tenaga pengajar (guru), 100 kuota tenaga kesehatan dan 94 kuota tenaga tekhnis.

Kata dia, rekruitmen CASN PPPK Konawe Selatan 80 persen berasal dari pendaftar yang telah mengabdi di daerah yang dibuktikan dengan surat keterangan aktif melaksanakan tugas.

“20 persen dari umum dan 2 persen penyandang disabilitas,” sebut Mantan Camat Sabulakoa ini.

Dikatakannya sejauh ini proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) dihari pertama berjalan lancar.

“Alhamdulillah hari pertama berjalan lancar. Begitu juga kondisi jaringan internet. Panitia Seleksi Daerah (Panselda) berkomitmen menyelenggarakan dengan kredibel,” ungkap Rahmat.

Untuk diketahui, Kabupaten Konawe Selatan dalam melaksanakan seleksi CAT Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) umum maupun CASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) telah dilaksanakan secara mandiri ditahun-tahun sebelumnya. (RED/SAC)